Dibalik Rasanya Yang Masam Jeruk Sunkist Variegata Menyimpat Banyak Manfaat


Sudah tau mengenai jenis jeruk yang satu ini? Pastinya jarang donk ya tau kecuali petani & para penggemar tanaman buah. Gambar di atas adalah Jeruk Sunkist Variegata atau biasa disebut Sunkist belang.

Jeruk Sunkist Varigata sendiri merupakan salah satu varian dari tanaman buah jeruk yang mengalami mutasi genetik (okulasi) dari jenis jeruk sunkist sebelumnya.

Ciri khas dari tanaman ini adalah warna buah dan daun yang belang hijau kuning. Dengan warna yang unik dan menarik ini cocok untuk dijadikan sebagai hiasan maupun dikonsumsi dan tentunya suatu alternatif tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot) baik di dalam rumah maupun dihalaman rumah.

Bagi sebagian orang mungkin sekedar tau saja dan tidak tau mengenai manfaat jeruk tersebut,karena memang jarang kita jumpai dan tidak semua kebun bibit memiliki tanaman buah ini.

Untuk mengenali jeruk Sunkist Variegata lebih dalam lagi sebagai berikut.
  • Jeruk ini memiliki nama Ilmiah Citrus SP
  • Tinggi bibit 40-80 CM,dan berbuah paling tidak saat berumur 1 tahun.
  • Untuk rasa jeruk ini terbilang lebih masam dari pada jeruk sunkist yang sudah ada sebelum jenis ini.
  • Jeruk ini memiliki kadar air yang cukup banyak dan jumlah biji normal.
Nah saatnya ketopik utama nih,tidak hanya sebagai alternatif tanaman hias saja sobat,tanaman ini juga menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan.Jeruk sunkist variegata ini memiliki manfaat sebagai berikut.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menambah Vitamin C
  • Memperkuat Limfa
  • Mengobati Infeksi
  • Mengobati Demam
  • Menurunkan Kolesterol
  • Perawatan Kulit Wajah,dan masih banyak lagi
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat jeruk ini,dan yang saya sebutkan di atas itu hanya sebagian dari sepengetahuan saya.
Bagi anda yang ingin memiliki tanaman ini,perawatannya tidak susah kok sama seperti tanaman lainnya.Dan akan sedikit saya jelaskan mengenai cara perawatannya,sebagai berikut.
  1. Tanamlah tanaman jeruk sunkist variegata ini dengan media tanah yang gembur dan dicampur dengan pupuk kompos secukupnya
  2. Siram 2X sehari (pagi & sore/malam)
  3. Pupuk 3 bulan sekali tabur di sekeliling tanaman atau
Jika perawatan tersebut dilakukan secara rutin dan teratur maka tanaman anda akan tumbuh dan berbuah dengan baik, Untuk jangka waktu berbuah pada jeruk ini terbilang standart ya sekitar 1 tahunan. Jadi,jika anda ingin mendapatkan kwalitas tanaman yang baik maka rawatlah tanaman tersebut dengan baik juga.

Berhubung saya bukan mahasiswa atau sarjana di bidang ini jadi hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, dan informasi ini saya sajikan berdasarkan survei offline dan percobaan. 

Terima kasih untuk anda anda yang sudah berkunjung kemari,apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar,sebisa mungkin akan saya jawab.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Cara Kerja dan Efek Samping Dari Sunat Laser

Cara Beli Paket Internet Simpati Online Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel