Tips Mengatasi Kulit pada Jari Tangan yang Mengelupas

TanganMengelupas

Sudahkah anda mengalami kulit pada ujung jari mengelupas?

Mungkin sebagian besar dari kita bahkan manusi di seluruh dunia pernah megalami hal ini. Wah tentunya malu dong bagi cewek yang punya kulit kasar, tapi bukan cuman cewek aja yang mengalami hal ini cowok pun juga bisa.

Tetapi jangan kawatir kulit tangan mengelupas bukanlah sebuah penyakit kok,melainkan ada suatu masalah umum pada kulit.

Kulit pada jari-jari tangan mengelupas bukan tanpa sebab sobat,melainkan itu disebabkan oleh banyak hal,yakni :

Paparan sinar matahari yang intens

Terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama juga bisa menjadikan kulit pada tangan mengelupas, karena ketika kulit terkena sinar matahari akan menjadi merah dan pada akhirnya terkelupas.

Suhu dingin yang extrim

Berada di cuaca dingin akan membuat kulit pada tangan sobat menjadi dehidrasi, karena pada saat suhu udara menurun kulit juga bisa menjadi kering dan bersisik bahkan bisa terkelupas.

Penggunaan Bahan kimia

Bahan kimia yang ditambahkan ke pelembab, sabun dan pada produk kecantikan dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang akan menyebabkan kulit pada jari mengelupas.

Sering mencuci tangan

Mencuci tangan memang baik untuk menghindari bakteri yang ada di tangan, tetapi jika dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan kulit tangan mengelupas dibagian ujungnya.

Karena terlalu sering mencuci tangan bisa menghilangkan minyak yang menjadi pelindung kulit sehingga menyebabkan kulit kering.

Alergi

Alergi ini bisa menyebabkan kulit merah dan gatal-gatal sehingga kulit akan melepuh dan akhirnya mengakibatkan kulit mengelupas.

Terkadang kulit pada jari terkena nikel ketika memakai perhiasan dengan kualitas yang rendah menyebabkan alergi pada kulit jari tangan.

Itulah penyebab terjadinya kulit pada jari tangan mengelupas dengan sendirinya, maka dari itu jika anda menggunakan handbody ataupun sabun detergen jangan sembarangan ya sobat.

Jika menggunakan handbody jangan sering gonta-ganti,menetaplah pada 1 mer yang biasa digunakan saja.

Lalu,bagaimana cara mencegah dan mengatasi hal tersebut?Untuk mencegah sudah saya jelaskan di atas,jadi usahakan untuk menghindari hal yang dapat menyebabkan kulit jari anda mengelupas.

Sedangkan untuk mengatasi atau mengobati jari-jari tangan yang terlanjur mengalami hal tersebut juga sangat mudah kok, tidak perlu ke dokter maupun bidan, karena ini bukan penyakit hanya sejenis masalah pada kulit yang umum terjadi pada banyak orang.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut silahkan simak tips untuk mencegah dan mengatasi kulit pada jari tangan yang terkelupas,sebagai berikut :

Gunakan air hangat

Ketika kulit mengelupas cara yang sangat simpel untuk dilakukan yaitu dengan menggunakan air hangat karena dengan menggunakan air hangat maka akan bisa melembabkan kulit pada jari tangan yang mengelupas.

Gunakan pelembab secara rutin

Kulit kering dan mengelupas bisa ditasi dengan pelembab, dengan menggunakan pelembab bisa menstabilkan tingkat kelembaban pada kulit tangan terhadap cuaca yang sedang terjadi.

Gunakan Mentimun

Oleskan Mentimun yang sudah dipotong pada bagian kulit yang terkelupas (jangan lupa,dipotong ya sob haha).

Dengan menggunakan mentimun akan menjaga kulit tetap segar dan halus.

Kandungan air dan beberapa vitamin yang terdapat pada mentimun mampu mengatasi masalah kulit.

Gunakan minyak zaitun

Kandungan asam lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak zaitun yang bisa dijadikan pelembab alami yang cukup efektif dalam mengatasi kulit kering dan mengelupas.

Tambahkan minyak zaitun ke dalam air yang digunakan pada saat mencuci tangan.

Anda bisa memilih salah satu tips di atas untuk mengatasi maupun mencegah hal tersebut terjadi pada kulit anda.

Apabila sudah melakukan cara-cara tersebut dan tidak berhasil berarti anda harus dapat penanganan dari dokter atau ahlinya, Bukannya tadi sudah disampaikan tidak perlu penanganan serius?

Iya, memang benar hal ini tidak perlu penanganan serius,karena bersifat hanya sementara saja. Jika terus berlanjut itu sudah menjadi masalah serius dan perlu ditangani oleh ahlinya atau para dokter spesialis kulit.

Demikian beberapa tips dari saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan yang sedang mengalami hal tersebut. Jika ada pertanyaan mengenai hal ini silahkan bertanya dan jangan malu, insya'allah akan saya jawab sebisa mungkin,hehehe.

Terima kasi telah berkunjung ke blog sederhana ini dan sampai jumpa di update selanjutnya ya.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Cara Kerja dan Efek Samping Dari Sunat Laser

Cara Beli Paket Internet Simpati Online Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel