Skip to main content

Bahaya Sinar SmartPhone Bagi Kesehatan Mata Anak

Bahaya Sinar SmartPhone Bagi Kesehatan Mata Anak
Melihat anak bayi sedang asyik bermain smartphone dewasa ini seperti sudah menjadi sebuah pemandangan biasa-biasa saja. Bahkan bayi yang masih berumur 3 tahun pun kadang sudah tahu bagaimana caranya menonton video di Youtube.

Saking serunya, para bayi itu dalam mengakses konten video yang ada di Youtube, mereka sampai-sampai lupa makan dan terus bermain smartpone itu tanpa jeda.

Smartphone semakin didekatkan ke arah mata, hingga mata anak tidak mau beranjak dari smartphone lagi.

Ya memang sih, tidak semua orang tua membebaskan anaknya bermain smartphone. Namun, kebanyakan orang tua milineal lebih sering memberikan mainan lewat smartphone.

Kendati kelihatannya sepele, kebiasaan membiarkan anak mentap layar smartphone terlalu lama ternyata membuat daya penglihatan anak semakin berkurang lho.

Menurut pemaparan dari dr. Devina Nur Annisa, Spm, ahli spesialis mata, menggunakan smartphone terlalu lama ternyata bisa mengakibatkan otot-otot mata mengalami ciliaris.

Gangguan ciliaris ini dalam jangka yang panjang akan membuat bola mata menjadi minus. Selain berpotensi membuat mata menjadi semakin minus, ada beberapa efek negatif lain jika sering menatap layar ponsel terlalu lama, apalagi HP yang dimainkan anak terlalu tinggi kontrasnya. Tentu akan lebih banyak efek yang ditimbulkan.

Berikut beberapa bahaya sinar hp bagi anak…

Mengakibatkan Kelelahan Mata

Kelelahan mata, atau asthenopia diakibatkan karena anak sering menatap layar smartphone. Kelelahan mata akibat pancaran cahaya HP yang berlebih ditandai dengan kondisi psikologis mata menjadi lebih berair.

Mengakibatkan Mata Menjadi Semakin Merah

Bahaya sinar HP bagi anak berikutnya mampu membuat mata anak menjadi merah. Bagian pinggiran retina mata pada anak akan terlihat kemerah-merahan.

Mata yang kemerah-merahan itu akan terasa sakit jika dalam waktu beberapa menit tidak berkedip. Jika kondisi mata sudah seperti ini, anak biasannya akan sering menangis. Dalam tingkat yang lebih parah, mata yang sudah memerah akan disertai pula dengan gejala pusing kepala.

Sinar HP Bisa Mengakibatkan Anak Kurang Berinteraksi Dengan Lingkungannya

Bagi perkembangan psikomotorik-sosial. Penggunaan HP secara umum bagi anak-anak akan menghambat perkembangan sosial. Anak tidak lagi mampu merespon teman-teman sebayanya di sekitar dengan baik.

Sehingga interaksi anak dengan lingkungannya akan minim. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, apalagai pemakaian smartphone-nya dalam jangka waktu yang lumayan lama. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang suka menyendiri.

Meningkatkan Resiko Obesitas

Anak yang terlalu asyik memainkan smartphone hingga berjam-jam lamanya membuat gerak motoriknya berkurang. Akibatanya, lemak-lemak yang ada di tubuh akan semakin menumpuk.

Menumpuknya lemak-lemak yang ada di tubuh ini akan membuat para anak resiko obesitasnya semakin tinggi. Lemak yang tidak dibakar menjadi kalori akan membuat masa badan anak menjadi semakin tidak terkontrol.

Meningkatkan Resiko Kanker Mata

Lebih parahnya lagi, bahaya sinar HP bagi anak dapat meningkatkan resiko kanker mata. Gejala kanker mata akibat sinar HP ditandai dengan membengkaknya daerah kelopak mata. Bagian pupil, organ yang berfungsi sebagai reseptor cahaya akan memudar.

Kendatipun resiko kanker mata ini cenderung kecil. Alangkah lebih baiknya kita hindari saja metap layar smartphone secara berlebihan.
Nah itulah beberapa bahaya negatif jika anak terlalu sering menatap smartphone.

Kalau kalian sudah tahu ada bahaya sinar HP bagi anak, tidak berat hati kalau kalian mencegah anak terlalu sering menatap layar. Mari kita kurangi saja penggunaan gadget berlebih untuk anak.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar