Ini Dia Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Anak Dengan Baik dan Benar

Biang Keringat Pada Anak
Kulit anak-anak dan bayi yang begitu lembut memiliki tingkat kesensitivan yang sangat kuat, sehingga sangat rentan terhadap biang keringat. Meskipun tidak berbahaya, namun biang keringat bisa saja membuat sang anak tercinta merasa tidak nyaman seiring waktu jika tidak mendapatkan tindakan pengobatan. Munculnya biang keringat di leher, ketiak, selangkangan, pangkal paha, dada bagian atas, kepala, perut atau dibeberapa bagian tubuh anak lainya? ingintahu cara mengobati dan mencegah biang keringat pada anak? Simak ulasan berikut ini sebagai cara tepat mengatasi Biang Keringat Pada Anak.

Biang Keringat 

Biang keringat dapat kapan saja muncul pada anak akibat terjadinya cuaca yang lembab dan panas atau bisa juga apabila si kecil sedang dilanda demam dan banyak berkeringat. Selain itu, bisa juga dikarenakan adanya pori-pori kulit bayi tersumbat dan kerigat tidak bisa keluar. Bayi dan anak-anak memang sangat rentan sekali terkena biang keringat karena pori-pori kulit mereka lebih kecil jika dibandingkan pori-pori orang dewasa. Naah, selain itu kelenjardan saluran keluar keringat pada bayi dan anak-anak sepenuhnya belum berkembang.

Pada umumnya biang keringat sendiri akan sembuh dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, terkecuali apabila biang keringat mengalami infeksi. Sebagai orang tua, ibu bisa mengurangi rasa gatal dan rasa tidak nyaman sang buah hati akibat biang keringat. Berikut beberapa cara mengatasi Biang Keringat Pada Anak yang dapat ibu terapkan dirumah.

Bagaimana mencegah biang keringat pada anak dan bayi?

Biang kerigat memang seperti yang dijelaskan di atas bahwa daopat terjadi kapan saja jika si anak mengalami demam dan berada adi cauaca yang lembab dan panas. Mencegah terjadinya biang keringat iyalah dengan memantau kondisi kulitbayi agar tetap sejuk dan tidak terlalu lembab. Beberapa tips berikut ini dapat anda lakukan guna mencegah terjadinya biang keringat diantaraya:

1. Hindari udara panas dan lembab

Untuk mengatasi biang keringat pada bayi, ibu bisa memulaui dengan memindahkan si kecil ke ruangan yang sejuk dan juga teduh. Jika ibu menggunakan AC atau kipas angin, disarankan untuk tidak mengarahkan angin langsung ke tubuh si kecil. Selain itu, jika hendak keluar rumah, jangan lupa untuk membawa kipas dan topi untuknya. Pastikan juga jika si kecil minum cukup air putih. Hal ini berguna, untuk mengganti semua cairan yang hilang melalui keringat agar bayi tidak mengalami dehidrasi.

2. Jangan sering di gendong

Menggendong bayi pada saat cuaca panas tidak disarankan jika ingin mengatasi biang keringat pada bayi. Ketika digendong, si kecil pun harus berhadapan dengan dua sumber panas, yakni cuaca dan suhu badan ibu. Sebaiknya tidurkan si kecil di atas ranjang dan membiarkannya berbaring, menggerakan atau berjalan-jalan sendiri ketika bangun.

3. Menjaga kulit bayi tetap sejuk

Salah satu cara dalam mengatasi biang keringat pada bayi iyalah dengan mendinginkan kulit bayi yang terkena biang keringat dan menggunakan kain basah yang sejuk. Atau, anda juga bisa dengan memandikannya, lalu membiarkan kulit bayi kering dengan sedirinya, tanpa menggunakan handuk.

4. Gunakan lotion dan krim hanya bila dibutuhkan

Apabila si kecil sedang menangis ketika ibu menyentuh kulitnya, maka oleskan lottion pada kulitnya. Akan tetapi, jangan sampai mengoleskan lotion pada kulit area yang dekat mata bayi. Jika biang keringat yang dialami si kecil sangat parah, maka cobalah gunakan krim lainnya yang sesuai disarankan oleh dokter.

5. Pakaian

Bagi ibu yang memiliki anak dengan kondisi biang keringat, disarankan untuk memilih pakaian yang berserat alami untuk si kecil, contohnya yang berbahan katun. Hindari juga pemakaian pakaian dari kain sintetis, seperti polyester dan nilon, karena jenis kain ini dapat merangkap panas. Selain itu juga, pakaikanlah pakaian yang longgar kepada si kecil atau bisa juga ibu sesekali membiarkan si kecil tanpa pakaian dan popok selama beberapa waktu. Namun, tetap juga pastikan bahwa ia tidak kedinginan.

Cara tepat atasi biang keringat

Biang Keringat Pada Anak
Cara mengatasi Biang Keringat Pada Anak di atas bisa ibu coba sendiri dirumah. Memang benar biang keringat biasanya dapat hilang dengan sendirinya, tapi jangan ragu-ragu untuk segera konsultasi dengan dokter apabila suhu tubuh si kecil lebih dari 37-38 derajat celcius dan ruam tidak hilang dalam waktu tiga atau empat hari, dan kelihatan semakin parah atau terinfeksi. Berikut cara-cara diataranya:

  • Jaga keadaan rumah agar tetap sejuk dan kering dengan menggunakan kipas angin atau pendingin ruangan. 
  • Pilih pakaian yang sesuai dengan ukuran, jangan terlalu ketat, karena hal ini dapat saja mengganggu kulitnya. Pada bayi yang memiliki biang keringat akan mengakibatkan lecet pada bagian kulitya. 
  • Jangan membiarkan bayi anda terus memakai pakaian yang tebal secara terus-enerus.
  • Jika pergi keluar rumah dan bayi anda menggunakan topi sebaiknya cek kepalanya sesering mungkin. Jika berkeringat sebaiknya buka dan biarkan sebentar untuk mengering keringat di kepala si anak.
  • Jika bayi dalam keadaan basah sehabis mandi, maka lap tubuhnya sampai kering dan pastikan juga area lipatan-lipatan kulit yang rentan biang keringat pun mengering. Sangat disarankan menggunakan handuk berbahan katun yang baik dalam menyerap air. 
  • Hindari serbuk wangi, lotion atau minyak yang cenderung memperburuk biang keringat karena menyumbat pori-pori.
  • Jika ingin memandikan dengan air hangat, pastikan juga air tersebut hangat sebatas suam-suam kuku, jangan terlalu panas.
  • Bersihkan dan potong kuku bayi untuk mencegah si kecil menggaruk biang keringat dan menghindari terjadinya lecet pada area yang terkena biang keringat.


Penyebab biang keringat pada anak


  • Ventilasi ruangan yang kurang baik sehingga udara di dalam ruang menjadi panas atau bahkan menjadi lembab
  • Pakaian bayi yang terlalu tebal dan ketat, pakaian tebal dan ketat bisa menimbulkan suhu tubuh bayi meningkat
  • Bayi yang mengalami demam atau panas
  • Bayi yang terlau banyak aktivitas sehingga banyak mengeluarkan keringat


Pengobatan biang keringat pada anak

Sebenarnya Biang Keringat Pada Anak tidak membutuhkan pengobatan khusus, karena ibu bisa melakukan sebuah pencegahan dan perawatan terhadap kulit anak yang benar. Jika biang keringat berupa gelembung kecil tidak disertai berupa gelembung kecil kemerahan, kering dan tanpa keluhan maka ibu dapat memberikan bedak setelah mandi.

Namun, jika kelainan kulit membasah tidak boleh ditaburkan bedak, karena akan terbentuk sebuah gumpalan yang memperparah sumbatan kelenjar sehingga menjadi tempat pertumbuhan kuman. Jika keluhan sangat gatal, lecet dan menjadi luka maka dapat di atasi degan pemberian antibiotik.

Demikian ulasan diatas dalam cara tepat mengatasi Biang Keringat Pada Anak. Semoga dengan menyimak ulasan di atas ibu dapat lebih paham dan mengerti setiap kondisi bayi maupun anak yang dapat memicu terjadinya biang keringat. Selamat mencoba semoga berhasil dan sampai jumpa kembali..

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Cara Kerja dan Efek Samping Dari Sunat Laser

Cara Beli Paket Internet Simpati Online Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel