Skip to main content

Bahaya Kebiasaan Merokok


8 BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN


MEROKOK merupakan suatu masalah di dalam masyarakat yang dapat menimbulkan banyak kerugian baik dari segi sosial ekonomi maupun kesehatan bahkan kematian. 
Perilaku Merokok merugikan karena dapat menyebabkan banyak penyakit, 
diantaranya adalah ; 


  • MENYEBABKAN BAU MULUT YANG MENYENGAT

Para pria kadang tidak menyadari bahwa kebiasaan merokok bisa menimbulkan bau mulut yang menyengat. Penumpukan tembakau yang merusak gigi dan mulut membuat nafas yang dikeluarkan Beraroma tak karuan, kadangkala ini menimbulkan masalah pada pasangan.


  • GIGI KUNING

Merokok akan memberikan Anda peluang besar untuk terkena masalah gigi dan mulut, seperti kanker mulut sebagai efek samping yang paling parah. Akan tetapi, jangan remehkan perubahan awal pada tampilan gigi dan mulut Anda, yakni warna kuning pada gigi.

Selain itu, sebuah penelitian dari Journal of Clinical Periodontology, menemukan bahwa ketika Anda merokok maka Anda punya risiko 6 kali lebih besar untuk mengalami penyakit gusi. Jika tidak dicegah atau diobati sedini mungkin, masalah pada gusi bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi hingga gigi copot.


  • KULIT KUSAM 

Sebelum menyalahkan matahari sebagai penyebab kulit kusam, ketahui dulu bahwa kebiasaan merokok turut memiliki andil di dalamnya. Pasalnya, merokok secara tidak langsung akan menyerap nutrisi penting dalam tubuh seperti vitamin C, yang seharusnya berfungsi untuk melindungi sekaligus memperbaiki kulit yang rusak.

Kandungan nikotin nyatanya juga bisa menghalangi laju aliran darah, dan karbon monoksida dalam asap rokok yang dengan mudahnya bercampur bersama oksigen di dalam kulit Anda. Tak perlu waktu lama, semua dampak dari merokok ini akan berimbas pada kulit kering dan kusam.


  • TAMPAK LEBIH TUA

Setelaten dan serajin apa pun Anda dalam merawat kulit, garis halus atau kerutan di wajah tetap akan muncul bila Anda masih “hobi” merokok. Ya, para pakar kesehatan pun meyakini bahwa merokok bisa mempercepat penuaan sehingga perokok aktif umumnya terlihat sekitar 1,5-2 tahun lebih tua daripada usia aslinya.

Ini karena kandungan zat-zat dalam rokok, termasuk nikotin, akan menghasilkan keriput dini di wajah. Mulai dari dahi, mata, bibir, hingga menjalar ke bagian leher dan dada.


  • MENUMPULKAN INDRA PENCIUMAN

Perokok sigaret akan memiliki masalah serius pada indera penciuman. Ketika seorang sedang merokok, maka makanan yang masuk melalui mulut serasa tidak ada rasanya. Ini mempengaruhi indera pengecap sehingga lidah seakan terasa asam.Untuk itu ,ini menimbulkan kecanduan karena perasaan tidak biasa pada indera penciuman dan pengecapan. 


  • KANKER

Lebih dari 60 bahan kimia yang terkandung dalam rokok bersifat karsinogen atau menyebabkan kanker. Asap rokok dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang memicu pertumbuhan sel tidak normal.


  • PENYAKIT PARU - PARU
Efek dari perokok yang paling pertama merusak organ tubuh akibat asap rokok adalah paru-paru. Asap rokok tersebut terhirup dan masuk ke dalam paru-paru sehingga menyebabkan paru-paru mengalami radang, bronchitis, pneumonia. Belum lagi bahaya dari zat nikotin yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam organ paru-paru yang bisa berakibat fatal yaitu kanker paru-paru. Bahaya merokok bagi kesehatan ini tentu sangat beresiko dan bisa menyebabkan kematian. Maka sebaiknya sebelum hal itu terjadi lebih baik berhenti merokok dari sekarang juga. Bukankan lebih baik mencegah daripada mengobati? Dengan demikian sebelum terjadi penyakit bahaya tersebut sebaiknya cegah dengan berhenti merokok.


  • PENYAKIT IMPOTENSI DAN REPRODUKSI

Efek bahaya merokok bagi kesehatan lainnya adalah bisa mengakibatkan impotensi, kasus seperti ini sudah banyak dialami oleh para perokok. Sebab kandungan bahan kimia yang sifatnya beracun tersebut bisa mengurangi produksi sperma pada pria. Bukan hanya itu saja, pada pria juga bisa terjadi kanker di bagian testis. Oleh sebab itu, sebelum hal itu terjadi maka kurangi secara perlahan konsumsi rokok Anda. Terutama untuk usia remaja karena efek bahaya merokok bagi kesehatan remaja yang bisa menyebabkan resiko tidak memiliki keturunan. Sedangkan pada wanita yang merokok, efek dari rokok juga bisa mengurangi tingkat kesuburan wanita

Baca juga https://www.blogsederhana.com/2019/07/tips-cara-belajar-efektif.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar