Skip to main content
Home Bisnis Kesehatan Info Gadget Pengetahuan ×

Cara menghilangkan bibir pecah-pecah


                                                 
                                              Cara Menghilangkan  Bibir Pecah - Pecah
Cara Menghilangkan  Bibir Pecah - Pecah -

Bibir yang pecah-pecah bisa mengganggu, menyakitkan, dan bahkan menyebabkan pendarahan. Tetapi karena berbagai alasan, banyak dari kita berurusan dengan mereka di berbagai titik sepanjang tahun.
Baik karena cuaca atau lip balm yang buruk, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkan bibir pecah-pecah.

Bibir pecah-pecah memiliki banyak penyebab. Karena bibir tidak mengandung kelenjar minyak, seperti kulit Anda yang lain, mereka cenderung mengering. Jadi, bagaimana Anda bisa mencegah kekeringan?

Pencegahan bibir pecah-pecah

Jangan menjilat.Menjilati bibir Anda hanya akan membuat bibir Anda lebih kering. Karena air liur menguap dengan cepat, bibir Anda lebih kering setelah Anda menjilatnya daripada sebelumnya.
Jangan gunakan balsem bibir beraroma. Ketika Anda menaruh hal-hal yang lezat di bibir Anda, Anda tergoda untuk menjilat. Meskipun balsem bibir beraroma mungkin menyenangkan, mereka dapat menyebabkan mulut kering dan pecah-pecah - tidak menyenangkan sama sekali.
Gunakan tabir surya. Jika Anda berencana pada hari di bawah sinar matahari, gunakan lip balm dengan tabir surya. Ini akan membantu menjaga bibir Anda agar tidak terbakar , dan kekeringan dan mengelupas yang dapat terjadi sesudahnya.
Tutup mulut Anda saat keluar di elemen. Udara dingin terutama bisa mengeringkan bibir Anda. Menutupinya dengan syal ketika Anda menuju ke suhu yang brutal dapat membantu menjaga mereka terlindungi.

Bagaimana Cara Menyingkirkan Bibir Pecah-pecah?

Hindari alergen. Anda mungkin memiliki bibir sensitif yang mengalami iritasi ketika bersentuhan dengan parfum, pewarna, atau pewangi. Jadi jauhkan kosmetik dan produk dengan bahan-bahan ini dari mulut Anda.
Tetap terhidrasi, dalam dan luar.Udara musim dingin bisa kering, jadi jaga udara di rumah tetap lembab dengan pelembab udara . Juga, pastikan untuk minum banyak air untuk menghindari dehidrasi, yang dapat menyebabkan kulit dan bibir kering.

Perawatan bibir pecah-pecah

Jika Anda sudah memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah , metode pencegahan itu dapat mencegahnya memburuk. Tetapi ada lebih banyak lagi yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka sembuh lebih cepat.

Eksfoliasi dengan lembut

Saat bibir Anda pecah-pecah, bibir Anda bisa menjadi kasar dan mulai mengelupas. Namun, melepas kulit yang tidak sepenuhnya mati dapat menyebabkan perdarahan dan rasa sakit - jadi berhati-hatilah. Oleskan exfoliator lembut seperti scrub gula dengan jari Anda. Pastikan untuk mengikutinya dengan pelembab yang baik.

Melembabkan

Gunakan pelembab agar bibir Anda tidak mengering lebih jauh. Produk-produk yang mengandung lilin lebah atau minyak bumi berfungsi untuk menahan kelembapan. Bumbui lebih banyak pada malam hari sebelum Anda tidur. Salep seperti minyak kelapa , cocoa butter , petroleum jelly , dan bahkan lotion tebal adalah pilihan yang baik.
Ketika dipasangkan dengan metode pencegahan di atas, dua perawatan ini saja dapat mempercepat penyembuhan bibir pecah-pecah.
Kasus yang serius

Jika Anda mendapati bahwa bibir Anda tidak akan sembuh, mungkin ada kondisi mendasar yang harus disalahkan dan Anda harus ke dokter.
Bibir yang pecah-pecah dapat terinfeksi, karena bakteri dapat masuk melalui celah dan lecet. Ini dikenal sebagai cheilitis dan harus dirawat oleh dokter.
Kita semua menderita bibir pecah-pecah. Dan dalam banyak kasus, perhatian dan pencegahan yang saksama adalah kunci untuk membuat bibir Anda terlihat dan merasa lebih baik.
Baca juga https://www.blogsederhana.com/2019/07/cara-mengatasi-jerawat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar