Cara atasi sakit perut lambung

Sakit perut memang hal yang sepele dan sering sekali terjadi pada semua orang. Keluhannya bermacam-macam.Ada yang sakit perut bagian bawah, tengah, kiri, kanan maupun atas. Sakit perut bagian atas biasanya disebut suduken dalam bahasa jawa atau side stitch. Hal itu bisa biasa terjadi ketika berolahraga atau selepas makan, kemudian memutuskan untuk tidur. Tentu, jika hal itu terjadi akan sangat terasa sakit dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Atas
Sakit perut bagian atas memang bukan sepenuhnya dikarenakan side stitch. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab sakit perut bagian atas. Biasanya jika Anda mengalami sakit perut bagian atas akan dibarengi dengan gejala pencernaan yang bermasalah. Beberapa gejalanya adalah perut kembung, diare, mual, nyeri dada, susah BAB. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan tentang cara mengatasi sakit perut bagian atas berikut ini!

1. Istirahat yang Cukup
Jika tiba-tiba perut bagian atas terasa sakit sebaiknya Anda beristirahat terlebih dahulu. Atur napas yang panjang dan minumlah air putih hangat untuk sedikit meredakan rasa sakit. Atau Anda juga bisa menggunakan bantal pemanas untuk kemudian ditempelkan ke bagian perut yang sakit. Jika tidak mempunyai bantal pemanas Anda bisa gunkan botol kaca yang diisi dengan air panas. Biasanya cara ini efektif untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan. Sebaiknya jika memang tidak memungkinkan hindari melakukan aktivitas berat setelahnya.

2. Mengonsumsi Obat
Mengonsumsi obat antasida bisa membantu menetralkan asam lambung. Meredakan nyeri, mual dan muntah. Berdasarkan bahan pembentuknya, obat ini terbagi beberapa jenis seperti, Aluminium hidroksida, Kalsium karbonat, Magnesium trisilikat, Magnesium hidroksida. Dari beberapa jenis antasida ini sebenarnya fungsinya sama yaitu menurunkan kadar asam di dalam lambung. Penggunaan disarankan dengan dosis sesuai umur penderita sehingga mengurangi resiko yang timbul.

3. Hindari Keseringan Mengkonsumsi Obat-Obatan
Obat adalah sesuatu yang difungsikan untuk mengurangi dan mengobati bagian tubuh yang sakit. Akan tetapi jika jumlahnya terlalu banyak dan keseringan dikonsumsi tentu hal itu menjadi boomerang bagi tubuh manusia. Penggunaan obat yang berlebihan seperti obat anti inflamasi, suplemen, jamu bisa sangat berbahaya bagi tubuh. jika memang dibutuhkan sebaiknya Anda periksa dan berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit lambung. Obat baik untuk dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.

4. Atur Pola Makan
Mungkin ini terdengar sudah biasa didengar tetapi mengatur pola makan memang terbukti mengatasi sakit perut bagian atas. Usahakan jangan makan dengan porsi besar sekaligus. Biasakan makan dengan porsi lebih kecil dan berhenti sebelum kekenyangan. Hal itu untuk mengurangi peningkatan asam lambung yang berlebihan. Selain itu, makan dalam porsi kecil juga lebih sehat karena lambung tidak dipaksa mencerna makanan terlalu banyak sekaligus.

5. Hubungi Dokter Jika Sakit Berlanjut
Cara terakhir untuk mengatasi sakit perut adalah menghubungi dokter. Menghubungi dokter biasa dilakukan jika sakit perut bagian atas tidak kunjung membaik. Apalagi jika kondisi Anda disertai dengan mual, diare ataupun sakit kepala secara terus menerus. Pastikan Anda periksa dengan dokter yang ahli di bidangnya. Dokter spesialis akan lebih mudah dan tepat dalam mencari penyebab dan cara mengobatinya. Biasanya akan ada pemeriksaan rontgen perut, MRI, USG, CT scan agar nampak penyebab dari sakit perut yang diderita.
Itulah cara mengatasi sakit perut bagian atas yang bisa dicoba. Yang pasti, selalu ingatlah bahwa makanan yang enak belum tentu menyehatkan bagi tubuh Anda. Apalagi, jika Anda menyantap makanan yang memicu sakit perut yang membuat tidak nyaman. Hindari makanan yang menimbulkan dampak sakit perut seperti makanan pedas dan asam. Konsumsilah buah-buahan yang mengandung banyak air agar tubuh lebih sehat

Baca juga https://www.blogsederhana.com/2019/08/gejala-lambung-bocor.



Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Cara Kerja dan Efek Samping Dari Sunat Laser

Cara Beli Paket Internet Simpati Online Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel